Beranda » Uncategorized » Tips Mengamankan Dokumen Penting saat Liburan ke Jepang

Saat pergi ke Jepang ada satu hal yang perlu diperhatikan yaitu keamanan dokumen. Baik paspor, visa, kartu kredit, maupun dokumen lain seperti tiket dan bukti booking. Jika kita tidak hati-hati, dokumen-dokumen penting tersebut dapat hilang, dicuri, maupun rusak. Sehingga dibutuhkan beragam persiapan serba ekstra untuk menjaga dokumen kita tetap aman. Beragam cara yang dapat minasan lakukan untuk mengamankan dokumen penting saat pergi ke Jepang adalah sebagai berikut.

Menggunakan Plastik

Kita dapat memanfaatkan kantong plastik untuk mengamankan semua dokumen penting sebelum pergi ke Jepang. Untuk mengantisipasi segala hal yang mungkin terjadi selama perjalanan, masukan dokumen seperti paspor ke dalam kantong plastik.  Dengan demikian, dokumen kita bisa terhindar dari tumpahan air, tinta bolpoin maupun sisa makanan di dalam tas.

Membuat Duplikasi dan Disimpan di Email

Sebelum melakukan perjalanan ke Jepang, perbanyak dokumen baik dalam bentuk hardcopy maupun softcopy. Simpan dokumen tersebut dalam email, smartphone, dropbox, maupun kirimkan ke pada orang terdekat.

Jika dokumen tersebut hilang, kita masih memiliki salinan yang dapat digunakan saat kondisi terdesak. Minasan bisa menggunakannya sewaktu-waktu jika dibutuhkan. Jika seluruh barang hilang sekalipun, kita bisa meminta keluarga untuk mengirimkan salinan dokumen via online.

Mengunci Tas

Kita tak akan pernah tahu, jika suatu saat dokumen kita akan hilang atau dicuri. Agar lebih aman, sebaiknya minasan membeli tas yang dilengkapi dengan kunci. Pilihlah tas dengan ukuran sedang sehingga mudah untuk dibawa. Lalu, letakkan dokumen penting pada tas tersebut. Sehingga saat minasan tengah beristirahat di stasiun, terminal, ataupun di mana saja akan tetap aman.

Memberi Informasi Penting kepada Keluarga

Kriminalitas yang wajib kita waspadai adalah pencurian kartu kredit! Meski kita telah berencana membawa kartu kredit demi kemudahan transaksi, hal ini bisa berubah menjadi bencana lho. Bayangkan jika kartu kredit kita hilang ataupun dicuri.

Untuk mengantisipasi pencurian kartu kredit atau hilang, informasikan data-data penting kepada keluarga ataupun bank. Jika kita tidak dapat memblokir kartu kredit, keluarga dapat melakuaknnya untuk kita. Pastikan bahwa orang yang kita pilih untuk menjadi pihak kedua benar-benar terpercaya ya

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.